Tips - Tips Sebelum Merakit PC!

 

Hallo sobat!

Kalian pasti tau dong apa itu komputer? dan apa saja komponen komputer? kalau belum tau, bisa simak nih penejelasannya disini!.Nah, kalau sudah tau apa saja komponen komputer, mari kita cari tahu bagaimana sih caranya komputer itu dirakit? Tapi sebelum itu, mari kita cari tahu dulu, tips - tips sebelum merakit!

1. Tentukan Komponennya

Ini penting sob, yang pertama kali kalian harus menentukan komponennya dulu, terutama procie dan motherboard, kalau kalian belum tahu apa itu motherboard dan procie, silahkan kalian baca disini!. Loh, mengapa demikian? karena procie dan motherboard itu harus cocok sob, tidak bisa asal beli. Contohnya begini, brand intel core i5-4460. Procie ini memiliki socket LGA 1150, nah kalo sobat membeli motherboard dengan socket LGA 1155 seperti motherboard ASUS H61M-K, maka procie sobat pasti tidak akan masuk, karena socket LGA 1155 hanya untuk intel gen 2. Begitu juga AMD, ada yang socket AM4 seperti Ryzen 3 3200g dan sebagainya. Kalau kalian masih bingung tentang komponen yang kalian perlukan untuk merakit, kalian bisa membuat simulasi merakit disini.

2. Tentukan kebutuhan

Nah, ini juga penting sob, kalau sobat ingin memiliki PC hanya untuk kerjaan ringan seperti browsing, office, dan lainnya, maka sobat tidak perlu membeli komponen yang mahal mahal, karena komponen yang standar sudah cukup untuk kebutuhan sobat. Kecuali jika sobat ingin bermain game, ataupun editing dan rendering, maka sobat perlu mengeluarkan budget lebih, karena biasanya untuk editing, rendering, dan gaming biasanya memerlukan VGA eksternal, walaupun ada beberapa procie dari AMD yang sudah ada IGP tapi tidak sebagus performa vga eksternal.

3. Siapkan Alat - Alat

Nah, kalau sobat sudah tau apa saja komponen yang diperlukan, dan kebutuhannya untuk apa, sobat bisa menyiapkan alat - alat untuk merakit pc nih, seperti :

1. Obeng plus

Nah, sobat perlu obeng plus disini untuk membuka casing, memasang fan case, memasang motherboard, memasang CPU cooler (biasanya memerlukan obeng plus), memasang power supply, dan sebagainya.

2. Thermal paste

Nah, ini juga penting sih menurut saya, karena thermal paste disini digunakan untuk prosesor untuk menyalurkan suhu panas dari CPU ke Heatsink Fan ( CPU cooler). Kalau tidak diberi thermal paste, maka panasnya tidak akan tersalurkan dengan sempurna, dan biasanya menyebabkan komputer mati.

4. Siapkan File Yang Dibutuhkan Untuk Install Windows

Biasanya, setelah kita merakit maka komputer bisa langsung hidup, tetapi tidak akan masuk ke windows apabila sobat menggunakan harddisk baru yang belum ada OS nya, entah itu linux atau windows. File ini bisa sobat cari dengan cara membelinya dari microsoft, untuk windows 10 harganya sekitar 2-3juta atau kalian cek saja disini.

Nah, itu saja sob tips tips dari saya sebelum merakit, nanti kita akan lanjutkan blog yang selanjutnya tentang langkah langkah merakit PC. Simak terus yaa:)



Terima kasih sob, sudah mampir di sini hehe, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat nih buat sobat, mohon maaf juga kalau ada salah dalam penyampaian. Jangan ragu untuk komentar, tapi dengan bahasa yang sopan ya:)







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Secara Singkat Mengenai Komponen Utama Komputer!

Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Ke Monitor ?!

Penjelasan Secara Singkat Tentang Peripheral Komputer!!!