Penjelasan Secara Singkat Mengenai Komponen Utama Komputer!


Hallo sobat!

Kalian pasti sudah tahu bukan apa itu komputer? kalau belum tahu, jadi Komputer adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau data. Komputer mampu menyimpan, mengambil, dan mengolah data. Kalian pasti pernah dong bermain komputer, entah itu untuk bermain game di Warnet ataupun di rumah teman kalian.

Tapi pernah tidak kalian bertanya-tanya, apa sih komponen yang ada di komputer itu? Nah kali ini saya akan menjelaskan komponen komputer secara singkat! Mari simak penjelasannya!

 

1. Prosesor/Procie/CPU

Jadi Prosesor/Procie/CPU adalah otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Jadi prosesor ini letaknya ada di motherboard sob. Tapi sebelum sobat membeli motherboard, sobat harus memperhatikan socket prosesor nya, karena socket tiap prosesor baik dari kubu biru (intel) maupun kubu merah (AMD) pasti berbeda.

2. Motherboard

Nah, motherboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat. Jadi motherboard ini fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer. Motherboard ini penting sob, karena tanpa motherboard maka tidak ada tempat untuk meletakkan procie nya, dan tidak bisa menghidupkan pc nya.




3. Ram

Ram adalah suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program. Ram ini penting sob, kalau tidak ada ram maka selengkap apa pun rakitan komputer kalian, pasti tidak akan bisa menyala. 


Kapasitas RAM di dalam suatu komputer berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, akan semakin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut sob.

4. Hard disk

Hard disk adalah suatu device (komponen) pada komputer yang merupakan piranti penyimpanan sekunder, dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan logam yang disebut platter yang berputar secara terintegrasi.

Harddisk menyimpan berbagai informasi, OS komputer pun disimpan didalam hardisk. Semakin cepat harddisk bekerja, semakin cepat juga transfer dilakukan.

 5. Solid State Drive (SSD)

SSD merupakan perangkat penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data secara terus-menerus, biasanya menggunakan memori flash, dan berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer.

SSD ini sama seperti harddisk, namun kelebihannya yaitu lebih cepat dari harddisk. SSD ini cocok untuk penyimpanan OS komputer, karena komputer akan menjadi lebih cepat saat booting. Namun harganya sangat mahal dibanding harddisk.

6. Power Supply (PSU)

Power Supply (PSU) merupakan suatu komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai pemberi suatu tegangan serta arus listrik kepada komponen - komponen komputer lainnya yang telah terpasang dengan baik pada motherboard atau papan induk.

PSU ini penting bagi komputer, karena tanpanya komputer tidak akan hidup. Perhatikan juga saat membeli PSU, pastikan sudah bersertifikat minimal 80+ white/bronze.
 

 

7. VGA Card

VGA Card merupakan komponen yang berfungsi untuk mengolah data grafis untuk bisa menampilkan layar ke monitor. VGA Card merupakan hal yang penting untuk komputer agar bisa tampil di monitor. VGA ada yang onboard (tergantung procienya) maupun eksternal. VGA bisa membuat performa PC menjadi lebih powerful dalam editing, rendering, maupun gaming, selain procie.




Nah itu dia sob, komponen komponen utama komputer, sebenarnya masih ada lagi, nanti akan kita jelaskan di artikel selanjutnya. Ditunggu ya:)



Terima kasih sob, sudah mampir di sini hehe, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat nih buat sobat, mohon maaf juga kalau ada salah dalam penyampaian. Jangan ragu untuk komentar, tapi dengan bahasa yang sopan ya:)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Ke Monitor ?!

Penjelasan Secara Singkat Tentang Peripheral Komputer!!!