Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Ke Monitor ?!



Hallo sobat!

Sobat pasti pernah menemui kasus seperti saya ini. Yap! ini adalah kasus tentang PC yang hidup tapi tidak mau nampil ke monitor. Waduh kok bisa tuh sob? mari simak penyelesaiannya!

1. Kabel VGA

Nah, pertama tama coba sobat cek kabel vga sobat. Bisa saja ini penyebab monitor sobat tidak mau tampil. Sobat bisa pinjam kabel vga punya sobat atau sobat ganti yang baru.

2. RAM

Ya, ram ini merupakan salah satu komponen yang menunjang PC untuk bisa hidup sob. Tanpa ram mungkin PC kita gak bakalan hidup nih. Nah, kalo sobat punya PC yang udh dihidupkan tidak mau nyala, mungkin sobat perlu membersihkan ram nya. Gimana tuh caranya? caranya simpel sob, kalian hanya perlu melepas ram kalian dari mobo (motherboard) lalu kalian bersihin deh kuningannya dengan penghapus karet. Cara ini cukup ampuh sob, kalau masih belum work, kalian coba deh ganti slot, atau kalian ganti dengan ram punya temen kalian yang masih bisa.

3. Power Supply (PSU)

Nah ini nih sob komponen yang penting menurut saya. Kenapa sih kok penting? karena PSU ini kita ibaratkan seperti jantung sob. PSU ini yang menyuplai listrik rumah kita ke PC kita, kalau PSU kita ini rusak maka komponen yang lain bisa saja rusak. Kalian coba aja deh ganti PSU kalian dengan yang baru atau kalian pinjam dulu punya temen kalian hehe.

4. Clear CMOS

Kalau kedua cara tadi kalian belum berhasil, kalian coba deh clear CMOS. Gimana tuh bang? caranya kalian lihat mobo kalian, dan cari yang ada tulisan CLR CMOS/CLR/JR sob. Nah kalian jumper dah tuh, bisa pake obeng dan sebagainya. Jumpernya sekitar 1 menitan deh gitu sob. Oh iya, jangan lupa PC kalian dicabut dulu ya kabel kabelnya hehe.

5. Cek VGA Card

Sobat perlu cek VGA eksternal sobat jika sobat menggunakan VGA eksternal. Caranya bisa saja diganti ke VGA internal nya, jadi kalau menyala di VGA internalnya bisa saja VGA eksternal sobat rusak. Kalau sama saja, berarti penyebabnya yang terakhir ini nih!

6. Motherboard

Ini sob penyebab terakhir nya dan sekaligus solusi nih. Kalau sobat sudah mencoba cara yang diatas dan gagal, berarti ini masalahnya. Jadi sobat perlu mengganti mobo sobat dengan yang lain dengan socket yang sesuai dengan procie sobat karena procie dan mobo haruslah sesuai socketnya. Nanti akan kita bahas di blog selanjutnya hehe:)



Terima kasih sob, sudah mampir di sini hehe, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat nih buat sobat, mohon maaf juga kalau ada salah dalam penyampaian. Jangan ragu untuk komentar, tapi dengan bahasa yang sopan ya:)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Secara Singkat Mengenai Komponen Utama Komputer!

Penjelasan Secara Singkat Tentang Peripheral Komputer!!!