Penjelasan Secara Singkat Tentang Peripheral Komputer!!!


Hallo sobat!

Kali ini saya akan menjelaskan tentang Peripheral Komputer. Apa sih peripheral itu? Jadi peripheral adalah perangkat tambahan u

ntuk komputer, yang memudahkan pekerjaan kita. Apa saja sih peripheral komputer itu? Mari simak penjelasan berikut!

1. Mouse

Nah, siapa sih yang gatau mouse? jadi mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang ada pada komputer, yang berguna untuk menggerakan kursor yang tampil pada layar komputer. Di dalam mouse terdapat bola kecil yang jika digerakkan akan menyebabkan sinyal listrik terkirim ke computer sesuai dengan pergerakan mouse. Tanpa mouse, mungkin kita tidak bisa menggunakan komputer kita, kecuali kalian menggunakan laptop, karena laptop sudah dilengkapi dengan touchpad.

2. Keyboard 

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Tanpa keyboard maka kita tidak bisa menggunakan komputer kita untuk mengetik, mencari informasi di google, dan sebagainya. Keyboard ini ada macam macam jenisnya, seperti keyboard membran, dan keyboard mechanical yang biasa digunakan untuk gaming.

3. Printer

Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer ini bisa memudahkan kita untuk mencetak foto, dokumen, buku, dan sebagainya. Printer biasanya sudah dilengkapi dengan scan, jadi bisa digunakan untuk fotocopy sekalian.

4. Monitor

Monitor merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari komputer dalam bentuk teks, gambar, ataupun video secara visual. Monitor PC ini merupakan perangkat keras output. Tanpa monitor, maka komputer tidak bisa menampilkan apapun karena tidak ada monitor. TV bisa kita gunakan sebagai monitor jikalau kita tidak memiliki budget untuk membeli monitor khusus komputer pada umumnya.

5. Speaker

Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.

Sebenarnya speaker ini tidak terlalu penting jika sobat tidak menggunakan komputer untuk menonton youtube dan lainnya yang memerlukan suara, lagipula biasanya monitor sudah include dengan speaker namun dengan kualitas yang rendah.



Terima kasih sob, sudah mampir di sini hehe, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat nih buat sobat, mohon maaf juga kalau ada salah dalam penyampaian. Jangan ragu untuk komentar, tapi dengan bahasa yang sopan ya:)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Secara Singkat Mengenai Komponen Utama Komputer!

Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Ke Monitor ?!